Karya Ilmiah

Mendorong Terbitnya Buku Ajar dengan Workshop Penulisan Buku Ajar

Admin | Selasa, 24 November 2015 - 13:27:36 WIB | dibaca: 4299 pembaca

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Workshop Penulisan Buku Ajar, Sabtu (21/11/2015). Kegiatan diadakan di ruang seminar Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMS.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 wib. dan berakhir sekitar pukul 14.45 ini dihadiri oleh seluruh Dosen PTI UMS beserta Dosen undangan dari Program Studi (prodi) lain di lingkungan UMS. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi (Kaprodi) PTI, Drs. Sujalwo, M.Kom. mengharapkan, pasca kegiatan ini bapak/ibu Dosen PTI UMS khususnya dapat menelurkan sebuah karya Buku Ajar sendiri. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. Hadir sebagai nara sumber workshop, Prof. Budi Murtiyasa dan Ir. P. Insap Santosa M.Sc., Ph.D.. 

Prof. Budi Murtiyasa menyampaikan materi tentang garis besar penulisan Buku Ajar. Selain itu, hal-hal terkait etika penulisan, plagiasi, falsifikasi, dan fabrikasi juga dijabarkan oleh beliau. Selama sekitar kurang lebih dua jam Prof. Budi Murtiyasa menyampaikan materi dan pengalamannya dalam hal penulisan buku ajar.

Materi kedua disampaikan oleh Ir. P. Insap Santosa M.Sc., Ph.D.. Salah satu staf pengajar di Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini menyampaikan materi tentang Anatomi dan Struktur Buku Ajar. Dalam penyampaiannya, dibahas juga tentang buku diktat, buku teks, buku modul, dan e-learning. Beliau juga menyampaikan pengalamannya terkait best practice dalam menulis buku ajar maupun buku-buku teks lain.










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)