Program Studi

Populerkan Computational Thinking, Bebras Indonesia Jajaki Kerjasama dengan PTI UMS

Admin | Sabtu, 03 Desember 2016 - 15:29:33 WIB | dibaca: 464 pembaca

Ibu Inge memaparkan tentang Bebras

Tim Bebras Indonesia, sebuah kelompok yang mempromosikan Computational Thinking (berpikir dengan landasan komputasi atau Informatika) untuk masyarakat, berkunjung ke Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat 2 Desember 2016. Tim yang terdiri dari Dr. Inggriani Liem (ITB), Dr. Suryana Setiawan (UI), Ir. Rully Soelaiman M.Kom (ITS), Adi Mulyanto MT. (ITB), dan Julio Adisantoso MKom. (IPB) tersebut disambut langsung oleh Pimpinan Prodi dan Fakultas. Hadir dalam acara tersebut, selain Dosen dan Kaprodi PTI UMS, Drs. Sujalwo, MKom., juga Dekan FKIP UMS, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, Wakil Dekan I, Siti Zuhriah Ariatmi,MHum., Wakil Dekan II, Sri Sutarni MSi.

Dalam presentasinya, Dr. Inggriani Liem, yang biasa dipanggil Inge, menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengajak bergabung dengan Bebras Indonesia memasyarakatkan Informatika untuk semua. Cara yang dilakukan adalah melalui kompetisi Computational Thinking challenge yang diadakan secara internasional. Computational Thinking atau berpikir komputasi sendiri merupakan sebuah metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Salah satunya yaitu dengan Tantangan bebras atau Bebras Challenge. Caranya adalah menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.

Bu Inge, yang merupakan salah satu tim Pembina TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia), juga menjelaskan bahwa Indonesia bergabung dengan Bebras internasional baru tahun 2016 ini. Meski demikian, kompetisi bebras Indonesia sudah bisa dilaksanakan secara nasional awal bulan Nopember 2016 lalu. Beliau juga menjelaskan bahwa tujuan lain dari Bebras ini anatar lain adalah memotivasi siswa agar dapat memecahkan permasalahan menggunakan metode Informatika, men-stimulasi minat siswa ke Informatika, dan mendorong anak-anak menggunakan aktivitas belajar lebih intensif dan kreatif.

Dalam acara yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam tersebut, Kaprodi PTI UMS dan Dekan FKIP UMS menyambut baik kegiatan ini, dan berharap muncul bibit-bibit baru dari adanya Bebras ini. Merupakan sebuah kehormatan bagi PTI UMS dikunjungi oleh orang-orang hebat dari berbagai penjuru, Kata Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, selaku Dekan FKIP UMS.










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)