Surakarta, 25 Juli 2024 – Edutorium Moh Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menjadi saksi dari sebuah acara inspiratif dalam dunia pendidikan teknologi informasi. Pada hari Kamis, 25 Juli 2024, UMS mengadakan kuliah umum dengan tema “Inspiration for Developments in the World of IT Education”. Acara ini akan menghadirkan pembicara utama, Eriel Dantes, dari Vuforia Indonesia, yang akan membahas topik menarik mengenai Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).
Kuliah umum ini ditujukan kepada mahasiswa semester 2, mahasiswa akhir yang fokus pada teknologi AR dan VR, serta mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG). Dengan adanya acara ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh wawasan baru dan mendalam tentang perkembangan terbaru dalam teknologi AR dan VR serta penerapannya dalam dunia pendidikan.
Materi yang akan dibahas dalam kuliah umum ini meliputi:
- Penjelasan AR dan VR: Pengantar tentang konsep dasar Augmented Reality dan Virtual Reality, serta perbedaan antara keduanya.
- Jenis-jenis AR: Penjelasan mengenai berbagai jenis teknologi AR yang ada saat ini dan penggunaannya.
- Manfaat AR: Keuntungan dan manfaat dari penerapan AR dalam berbagai aspek kehidupan dan industri.
- Proses Kerja Unity dan Vuforia Engine: Pengantar teknis tentang bagaimana Unity dan Vuforia Engine bekerja dalam menciptakan aplikasi AR.
- Kompetensi yang Diperlukan: Kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi AR dan VR.
- Penerapan AR dalam Berbagai Industri: Contoh-contoh penerapan AR di berbagai sektor industri, termasuk kesehatan, manufaktur, dan hiburan.
- Manfaat AR & VR di Bidang Pendidikan: Cara-cara AR dan VR dapat meningkatkan proses belajar mengajar dan pengalaman pendidikan secara keseluruhan.
Acara ini tidak hanya memberikan wawasan teoretis, tetapi juga memberikan pandangan praktis tentang bagaimana teknologi AR dan VR dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan dan diaplikasikan dalam berbagai industri. Dengan demikian, peserta kuliah umum ini diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang potensi teknologi AR dan VR dalam menciptakan inovasi di dunia pendidikan dan industri.