VISI KEILMUAN
Visi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika adalah “Menghasilkan calon pendidik di bidang teknik informatika yang unggul dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Informatika dengan penekanan pada penerapan teknologi pembelajaran berbasis multimedia yang berlandaskan nilai-nilai Islami”.
TUJUAN
Ranah | ID PEO | Deskripsi PEO |
---|---|---|
Academic | PEO-01 | Lulusan PTI memiliki kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan pendidikan informatika secara berkelanjutan. |
Career Professionalism | PEO-02 | Lulusan PTI memiliki karir yang sukses sebagai pendidik atau profesional yang produktif dalam bidang informatika serta mampu berkolaborasi lintas bidang ilmu. |
Social Engagement | PEO-03 | Lulusan PTI memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan berkontribusi secara aktif untuk memecahkan permasalahan di lingkungan sekitar berlandaskan nilai-nilai islami. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
No. | Kode Kategori | CPL |
---|---|---|
1 | Sikap 1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; |
2 | Sikap 2 | Berperan sebagai warga negara yang taat hukum, cinta tanah air, menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta berkontribusi dalam kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
3 | Sikap 3 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, menginternalisasi semangat kemandirian, serta memiliki kepekaan social, kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
4 | Pengetahuan 4 | Mampu menguasai konsep dan prinsip-prinsip dasar didaktik pedagogik dalam bidang pendidikan; |
5 | Pengetahuan 5 | Mampu menguasai konsep dan prinsip dasar ilmu keinformatikaan seperti: arsitektur sistem komputer, algoritma dan pemrograman, rekayasa perangkat lunak, multimedia serta jaringan komputer; |
6 | Pengetahuan 6 | Mampu menguasai dasar-dasar matematika dan statistika serta metode penelitian untuk merencanakan dan melaksanakan penelitian; |
7 | Pengetahuan 7 | Mampu menelaah masalah, isu-isu dan teknologi terkini di bidang pendidikan dan keinformatikaan; |
8 | Pengetahuan 8 | Mampu menguasai ilmu dasar kewirausahaan di bidang pendidikan dan/atau keinformatikaan; |
9 | Keterampilan Umum 9 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; |
10 | Keterampilan Umum 10 | Memiliki semangat kepemimpinan yang baik, dapat bekerja secara individu maupun team, berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif, serta keinginan untuk terus belajar sepanjang hayat; |
11 | Keterampilan Khusus 11 | Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik pedagogik untuk menerapkan pembelajaran berbasis IT yang efektif sesuai tantangan abad 21; |
12 | Keterampilan Khusus 12 | Mampu mengimplementasikan ilmu keinformatikaan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer/sumber belajar berupa modul/bahan ajar maupun aplikasi berbasis web/dekstop/mobile pada bidang teknik informatika; |
13 | Keterampilan Khusus 13 | Memiliki kemampuan manajemen wirausaha baik secara mandiri maupun tim sesuai dengan bidang keahlian maupun lintas bidang; |